Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Minggu, 28 Mei 2017 11:36

Banyuwangi Luncurkan Aplikasi Wisata Berbasis Android

Selasa, 15 April 2014 17:13
Suara · SolusiHP
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur, memanfaatkan besarnya pengguna telepon seluler pintar di Indonesia dan belahan dunia dengan meluncurkan aplikasi wisata berbasis android untuk kegiatan promosi.


Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada wartawan di Surabaya, belum lama ini, mengatakan aplikasi wisata itu merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke daerah berjuluk "The Sunrise of Java".

"Penetrasi penggunaan smartphone (telepon seluler pintar) diprediksi akan terus naik, termasuk yang berbasis sistem operasi android. Ini akan menjadi media promosi yang efektif untuk mempromosikan pariwisata dan potensi Banyuwangi," katanya saat peluncuran aplikasi "Banyuwangi Tourism" di Taman Budaya Jatim.

Selain melalui aplikasi android, Pemkab Banyuwangi sebelumnya juga telah meluncurkan laman khusus untuk mempromosikan potensi daerah dan pariwisata.

Data Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi mencatat jumlah kunjungan wisatawan nusantara (lokal) ke Banyuwangi pada 2013 mencapai 496.000 orang, sementara wisatawan mancanegara sejumlah 50.244 orang.

"Objek wisata Kawah Ijen masih menjadi favorit kunjungan wisatawan, selain Pantai Pulau Merah yang dibuka sejak 2012," ujar Abdullah Azwar Anas.

Untuk pengembangan aplikasi tersebut, pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan anak perusahaannya Telkomsel, terutama dalam pengisian konten.

Saat ini, menurut Anas, konsumen pariwisata meminta pelayanan lebih, karena mereka tidak hanya ingin datang ke objek wisata alam maupun wisata budaya, tetapi juga sangat memperhatikan kenyamanan dalam memperoleh informasi.

"Salah satu sumber rujukan informasi utama adalah internet. Informasi itu tidak hanya dari satu sumber sepihak dari pengelola tempat wisata dan pemerintah daerah, tapi juga dari pihak lain seperti blogger maupun rekomendasi teman," katanya.

Melihat perubahan perilaku tersebut, tambah Anas, pemasaran wisata Banyuwangi harus dilakukan secara terintegrasi dan pihaknya secara berkala juga mengundang media massa, blogger dan tokoh-tokoh berpengaruh untuk datang.

"Dari sanalah informasi menyebar. Kami juga mengoptimalkan media konvensional dan sosial media, seperti twitter, facebook, youtube, path, dan instagram," paparnya.

Ketua Dewan Kesenian Blambangan Samsudin Adlawi menambahkan seluruh agenda kegiatan seni budaya di Banyuwangi yang berlangsung selama satu tahun dapat diakses pengguna smartphone melalui aplikasi "Banyuwangi Tourism".

"Kami menyiapkan enam titik lokasi pertunjukan yang tersebar di berbagai daerah, termasuk pusat kota, untuk menampilkan seni budaya khas Banyuwangi. Setiap akhir pekan, kelompok-kelompok kesenian lokal tampil secara bergiliran," ujarnya
Endah Kurnia
Jl. Radio Dalam No.34, Jakarta
08561808469
k.endah72@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Baca juga:

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan solusihp dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. solusihp akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. solusihp berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@solusihp.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA