Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Minggu, 25 Juni 2017 15:38

Tips dan Trik Memilih Modem USB dengan Tepat

Kamis, 17 April 2014 13:02
Suara · SolusiHP
Ada banyak yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli modem USB. Perangkat ini bisa dikatakan sangat mirip dengan ponsel kita, namun tidak memiliki baterai dan layar serta dibuat dengan ukuran sekecil mungkin. Selain itu, USB modem juga memanfaatkan chip SIM untuk GSM dan RUIM untuk CDMA sebagai media penghubung dengan jaringan operator. Ada banyak pilihan operator dan banyak juga pilihan untuk menentukan sinyal internet apa yang akan Anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih modem USB dengan tepat agar Anda akhirnya tidak salah pilih serta pas dengan kebutuhan. Simak selengkapnya dibawah ini:


Tentukan operator yang akan Anda pilih
Anda banyak operator seluler yang saat ini menyediakan jasa layanan internet untuk modem USB. Namun tidak semuanya bagus, terutama pada jaringan dan sinyalnya. Sebaiknya Anda memilih operator yang memiliki kualitas sinyal bagus di daerah tempat tinggal Anda. Pastinya operator yang memiliki jaringan luas se-Indonesia yang bagus, karena memudahkan Anda jika suatu saat menggunakan modem di luar daerah tempat tinggal. Jika asal memilih operator dikhawatirkan akan membuat kualitas internet Anda lambat dan sinyal tidak stabil.


Pilih jenis modem yang sesuai dengan operator pilihan Anda
Dalam hal ini, modem USB terbagi menjadi dua jenis yakni GSM dan CDMA. Jika Anda sebelumnya memilih operator dari GSM maka sudah pasti Anda harus membeli modem GSM. Jika memilih operator CDMA, pastikan Anda juga membeli modem khususnya CDMA. Dipasaran memang lebih banyak tersedia modem GSM.


Pilih merek terpercaya
Dalam hal ini memang sangat relatif, karena setiap orang mempunyai pilihan sendiri-sendiri. Namun setidaknya merek-merek dari vendor global dapat menjadi jaminan awal, termasuk juga berlaku untuk modem yang dibundling oleh pihak operator penyedia layanan internet dengan USB modem. Selain itu yang perlu perhatikan juga ketersediaan jaringan purnal jual atau tempat service yang tersedia. Biasanya modem dari brand terkenal menyediakan garansinya, atau bila dibundling oleh operator, tanyakan juga bagaimana mekanisme perbaikannya bila suatu saat modem rusak. Yang pasti jangan membeli modem abal-abal karena nantinya berpotensi menimbulkan kerugian pengguna. Modem yang tidak bagus biasanya adalah modem yang cepat panas, padahal belum lama digunakan.


Beli modem yang support sinyal terkuat
Semakin berkembangnya teknologi dan kebutuhan internet juga semakin meningkat, banyak operator berlomba-lomba untuk menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi. Beberapa diantaranya adalah dengan koneksi GPRS, 3G, 3.5G, atau bahkan 4G. Sayangnya tidak semua modem support dengan kecepatan tersebut. Jadi pastikan Anda memilih modem keluaran terbaru yang support dengan koneksi tercepat. Untuk lebih jelasnya, saat menentukan pilihan modem pastikan Anda membaca review dan spesifikasi modem tersebut. Saat ini sedang nge-trend modem yang mampu support kecepatan hingga 7.2 Mbps. Jika memilih modem yang tidak support koneksi terkuat, maka Anda tidak akan mendapatkan kecepatan berinternet dengan baik meskipun operator menyediakan sinyal bagus dan berkecepatan tinggi.


Harga murah sangat tidak menjamin
Banyak promo modem dengan harga murah. Jika memang Anda memiliki budget terbatas, silahkan ambil. Namun jika tidak demikian, pastikan Anda jangan tergiur. Dalam dunia teknologi harga memang membawa rupa. Jadi sebelumnya perhatikan spesifikasi modem USB murah yang ditawarkan tersebut, beserta termasuk kemampuan lain apa saja yang ditawarkan dan daya tahannya.


Pilih modem dengan instalasi mudah
Saat ini sudah banyak tersedia modem dengan proses instalasi mudah, tanpa driver dari disc. Jadi lebih baik pilih modem yang menawarkan kemudahan demikian.


Sesuaikan dengan sistem operasi
Dalam setiap produk modem pastinya tertulis tentang kompabilitas sistem operasi. Beruntunglah jika Anda menggunakan sistem operasi komputer Windows XP maupun Windows 7 karena hampir sebagian modem kompatibel dengannya. Namun bagi Anda pengguna sistem operasi lain seperti Mac OS X, Linux maupun Unix harus diperhatikan lagi dalam memilih modem. Apakah modem yang dipilih benar-benar mendukung.


Demikian beberapa tips memilih modem USB dengan memperhatikan sinyal operator penyedia layanan internet serta fitur-fitur yang tersedia. Pastikan Anda memilih dengan tepat agar tidak menyesal kemudian.
sumber
Endah Kurnia
Jl. Radio Dalam No.34, Jakarta
08561808469
k.endah72@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Baca juga:

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan solusihp dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. solusihp akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. solusihp berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@solusihp.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA